PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERMAIN SAMBIL BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS II

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi dari motivasi belajar PKn pada materi Negara Kesatuan Republik Indonesia pada semester I tahun 2010/2011 Kegiatan pembelajaran PKn menggunakan metode dan alat peraga yang tidak tepat akan membosankan dan tidak menarik bagi siswa kelas V SDN sehingga pencapaian KKM hanya 40% pada semester I tahun ajaran 2009/2010. Hal itu disebabkan kurangnya pemahaman siswa. Rumusan masalah dalam penelitian yaitu apakah melalui model PAKEM dengan memanfaatkan media gambar dapat meningkatkan aktivitas guru, motivasi belajar PKn siswa, dan prestasi siswa.
Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas guru, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn dengan melalui model PAKEM menggunakan  media gambar. Metode penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Pundenarum 2 siswa kelas V yang terdiri dari  siswa laki-laki 22 dan siswa perempuan 14. Variabel/ faktor yang diselidiki pada penelitian ini adalah aktivitas guru, motivasi belajar siswa, dan Prestasi belajar siswa. Cara pengambilan data, melalui teknik tes dan non tes, sedangkan teknik analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif.

download full artikel disini

0 komentar:

Post a Comment